Cara Memutihkan Kulit Yang Terkena Sinar Matahari

Menghilangkan Kulit Hitam Akibat Sinar Matahari

Kulit putih dan bersih merupakan salah satu indikator kecantikan bagi para wanita. Sebagian wanita dapat menghabiskan banyak waktu dan uangnya untuk membuat kulit mereka tampak putih. Tidak dapat dipungkiri bahwa iklim tropis Indonesia menyebabkan kita menikmati cahaya matahari sepanjang tahun.

Sinar matahari memang dianggap perlu untuk kesehatan tulang dan kulit. Namun, hanya dapat kita rasakan pada pagi hari saja sampai dengan jam 10 pagi. Sinar matahari yang melebihi jam 10 pagi memiliki efek buruk terhadap kulit terutama paparan sinar ultraviolet. Sering terkena sinar ultraviolet secara langsung dapat membuat warna kulit kita menjadi sedikit gelap, memerah, bahkan disertai rasa terbakar dan flek hitam.

Masalah perubahan kulit ini dapat dialami olah seseorang yang bekerja langsung dibawah terik matahari atau pada saat kerja lapangan. Selain itu, masalah ini juga sering muncul ketika kita sedang berlibur ke pantai. Paparan sinar matahari yang cukup kuat dapat merubah warna kulit kita menjadi lebih gelap.

Cara memutihkan kulit yang terbakar sinar matahari

cahaya sinar matahari yang panas dapat menghitamkan warna kulit tubuh

Penggunaan baju berlengan pendek ataupun seorang yang berjilbab sering kali mengalami belang pada bagian tubuh yang terpapar sinar matahari secara langsung. Hal ini tentu sangat mengganggu kenyamanan, terutama saat terjadi pada bagian wajah. Terkadang kita juga menjadi kurang pede saat bepergian keluar rumah. Kulit terlihat memiliki noda menghitam dan bercak putih. Apalagi jika mengenakan baju atau celana yang pendek. Risih kan jika bagian tubuh kita terlihat belang?

Lantas, bagaimana cara menghilangkan belang di wajah, tangan, lengan, akibat sinar matahari yang panas? Untuk memutihkan kembali kulit yang terkena terpaan panasnya matahari, berikut adalah tips-tips alami yang dapat kita lakukan di rumah.

Cara Memutihkan Kulit Yang Terbakar Sinar Matahari

Minyak zaitun
Minyak zaitun sudah dikenal menjadi bahan alami untuk perawatan kulit. Terutama sering digunakan untuk memutihkan kulit karena terpaan panas matahari. Caranya adalah cukup dengan mengoleskan minyak zaitun dan pijat lembut permukaan kulit agar sel-sel kulit mati ikut terangkat. Kemudian bersihkan dengan air hangat. Minyak zaitun juga dapat merangsang produksi kolagen ketika anda melakukan pemijatan dengan minyak zaitun tersebut. Manfaat lain minyak zaitun dapat mengenyalkan, menghaluskan permukaan kulit sehingga kulit menjadi awet muda.

Aloe vera atau lidah buaya
Lidah buaya dapat mencerahkan warna kulit serta membantu menjaga kelembaban kulit akibat cuaca matahari yang menyengat. Caranya adalah cukup dengan mengoleskan gel atau lendir lidah buaya pada bagian permukaan kulit anda. Diamkan selama beberapa saat hingga jel lidah buaya mulai mongering dan meresap pada permukaan kulit anda. Kemudian bilas dengan air dingin. Anda dapat menggunakannya setipa pagi dan malam secara rutin untuk hasil yang lebih efektif.

Lemon
Lemon mengandung banyak vitamin C yang dapat memutihkan kulit yang terbakar matahari secara alami. Terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memutihkan kulit menggunakan lemon:

Pertama, menggunakan persasan lemon langsung untuk mengolesi permukaan kulit anda da biarkan sedikit mongering hingga air lemon menutrisi kulit anda. Kemudian bilas dengan air bersih. Hal ini akan lebih baik jika anda gunakan sebelum mandi arena sifat asam yang dikandungnya dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati.

Kedua, menggunakan campuran air lemin dengan madu. Caranya adalah sama yakni mengoleskan langsung campuran air lemon dengan madu ke permukaan kulit sebagai masker. Biarkan selama 15 menit kemudizn bilas dengan air hangat. Manfaat madu dalam campuran ini dapat menjadikan kulit menjadi halus dan kenyal.

Ketiga, menggunakan campuran air lemon dengan kuning telur. Caranya adalah mencampur air lemon dengan kuning telut kemudian panaskan pada pinggan hingga campuran tersebut berbentuk seperti lotion. Kemudian oleskan pada permukaan kulit anda dan biarkan beberapa saat. Setelah ibu bersihkan dengan air hangat.

Cara menghilangkan belang di wajah tangan lengan bahu akibat sinar matahari

belang di wajah, pundak, lengan tangan, kaki, maupun bahu tangan lengan bahu dapat terjadi akibat sinar matahari

Kunyit
Menggunakan kunyit untuk memutihkan kulit hitam dan gelap akibat cahaya matahari sangatlah mudah. Caranya cukup dengan menghaluskan kunyit secukupnya kemudian mengoleskannya pada permukaan kulit. Anda juga dapat menggunakan bubuk kunyit untuk pasta atau lulur agar lebig praktis. Diamkan selalam beberapa saat sekitar 15 menit atau sampai mengering kemudian bilas dengan air bersih. Anda juga dapat menggunakan campuran kunyit dengan yogurt ataupun susu.

Bengkoang
Kandungan vitamin B pada bengkoang juga dapat membantu memutihkan dan mencerahkan kulit hitam yang terbakar sinar matahari. Caranya adalah dengan menghaluskan atau parut beberapa bengkoang kemudian peras airnya dan biarkan selamu beberapa saat agar tepung bengkoang yang berwarna putih mengendapa di bagian bawah. Buang air diatasnya setelah tepung bengkuang mengendap dan gunakan sebagai masker selama setengah jam sampai dengan satu jam. Kemudian bilas sampai bersih.

Selain tips bahan alami yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan kulit belang di wajah, lengan, kaki yang disebabkan oleh matahari. Diantaranya adalah pisang, pepaya, kacang almond, beras, wortel, mentimun, kulit jeruk, kentang, tomat dan masih banyak lagi. Beberapa bahan alami tersebut dapat digunakan untuk masker dan lain sebagainya. Rekomendasikanlah penggunaan bahan alami untuk memutihkan kulit anda. Penggunaan bahan kimia bisa jadi belum cocok dengan kulit kita.

Dengan adanya informasi mengenai cara memutihkan kulit yang terkena sinar matahari dengan bahan alami ini, diharapkan kita bisa segera mengaplikasikannya jika mengalami masalah ini. Semoga uraiannya bermanfaat dan kita tidak bingung lagi untuk memutihkan kulit akibat sinar matahari.

You may also like...